semua Kategori

Berita

Beranda>Berita

Berita

Prinsip kerja pompa magnet

Waktu: 2021-05-11 Hits: 8

Pompa magnet terdiri dari tiga bagian: pompa, penggerak magnet, dan motor. Komponen kunci penggerak magnet terdiri dari rotor magnet luar, rotor magnet dalam, dan selongsong isolasi non-magnetis. Ketika motor menggerakkan rotor magnet luar untuk berputar, medan magnet dapat menembus celah udara dan bahan non-magnet, dan mendorong rotor magnet dalam yang terhubung ke impeller untuk berputar secara sinkron, mewujudkan transmisi daya tanpa kontak, dan mengubah dinamika segel menjadi segel statis. Karena poros pompa dan rotor magnet dalam sepenuhnya tertutup oleh badan pompa dan selongsong isolasi, masalah "berjalan, keluar, menetes, dan bocor" sepenuhnya terpecahkan, dan kebocoran media yang mudah terbakar, meledak, beracun, dan berbahaya di industri pemurnian dan kimia melalui segel pompa dihilangkan. Bahaya keselamatan potensial secara efektif memastikan kesehatan fisik dan mental serta produksi yang aman dari karyawan.

1. Prinsip kerja pompa magnet
N pasang magnet (n adalah bilangan genap) dipasang pada rotor magnet dalam dan luar dari aktuator magnet dalam susunan teratur, sehingga bagian magnet membentuk sistem magnet gabungan lengkap satu sama lain. Ketika kutub magnet dalam dan luar berlawanan satu sama lain, yaitu sudut perpindahan antara dua kutub magnet = 0, energi magnet sistem magnet paling rendah saat ini; ketika kutub magnet berputar ke kutub yang sama, sudut perpindahan antara kedua kutub magnet Φ = 2π / n, energi magnet sistem magnet maksimum saat ini. Setelah melepaskan gaya eksternal, karena kutub magnet dari sistem magnet saling tolak, gaya magnet akan mengembalikan magnet ke keadaan energi magnet terendah. Kemudian magnet bergerak, menggerakkan rotor magnet untuk berputar.

2. Fitur struktural
1. Magnet permanen
Magnet permanen yang terbuat dari bahan magnet permanen rare earth memiliki rentang temperatur operasi yang luas (-45-400 ° C), koersivitas tinggi, dan anisotropi yang baik searah medan magnet. Demagnetisasi tidak akan terjadi jika kutub yang sama ditutup. Ini adalah sumber medan magnet yang baik.
2. Selongsong isolasi
Ketika selongsong isolasi logam digunakan, selongsong isolasi berada dalam medan magnet bolak-balik sinusoidal, dan arus eddy diinduksi pada penampang tegak lurus dengan arah garis gaya magnet dan diubah menjadi panas. Pengertian dari arus eddy adalah: dimana Pe-eddy saat ini; K-konstanta; kecepatan n-rata dari pompa; Torsi transmisi T-magnetic; Tekanan F di spacer; Diameter bagian dalam D dari spacer; resistivitas suatu material; -material Kekuatan tarik. Ketika pompa dirancang, n dan T ditentukan oleh kondisi kerja. Untuk mereduksi arus eddy hanya dapat diperhatikan dari aspek F, D, dan sebagainya. Selongsong isolasi terbuat dari bahan non logam dengan resistivitas tinggi dan kekuatan tinggi, yang sangat efektif dalam mengurangi arus eddy.

3. Kontrol aliran pelumas pendingin
Saat pompa magnet bekerja, sejumlah kecil cairan harus digunakan untuk mencuci dan mendinginkan area celah melingkar antara rotor magnet dalam dan selongsong isolasi dan pasangan gesekan dari bantalan geser. Laju aliran pendingin biasanya 2% -3% dari laju aliran desain pompa. Area anulus antara rotor magnet dalam dan selongsong isolasi menghasilkan panas tinggi karena arus eddy. Ketika pelumas pendingin tidak mencukupi atau lubang pembilasan tidak mulus atau tersumbat, suhu medium akan lebih tinggi dari suhu kerja magnet permanen, dan rotor magnet dalam secara bertahap akan kehilangan magnetnya dan penggerak magnet akan gagal. Jika medianya adalah air atau cairan berbasis air, kenaikan suhu di area annulus dapat dipertahankan pada 3-5 ° C; Jika medianya adalah hidrokarbon atau minyak, kenaikan suhu di area annulus dapat dipertahankan pada 5-8 ° C.

4. Bantalan geser
Bahan bantalan geser pompa magnet adalah grafit diresapi, diisi dengan polytetrafluoroethylene, keramik teknik dan sebagainya. Karena keramik rekayasa memiliki ketahanan panas yang baik, ketahanan korosi, dan ketahanan gesekan, bantalan geser pompa magnet sebagian besar terbuat dari keramik rekayasa. Karena keramik teknik sangat rapuh dan memiliki koefisien muai yang kecil, jarak bebas bantalan tidak boleh terlalu kecil untuk menghindari kecelakaan gantung pada poros.
Karena bantalan geser pompa magnet dilumasi oleh media yang diangkut, bahan yang berbeda harus digunakan untuk membuat bantalan sesuai dengan media dan kondisi operasi yang berbeda.

5. Tindakan perlindungan
Ketika bagian penggerak dari penggerak magnetis berjalan di bawah beban berlebih atau rotor macet, bagian utama dan penggerak dari penggerak magnet akan secara otomatis terlepas untuk melindungi pompa. Pada saat ini, magnet permanen pada aktuator magnet akan menghasilkan eddy loss dan magnetic loss di bawah aksi medan magnet bolak-balik dari rotor aktif, yang akan menyebabkan suhu magnet permanen naik dan aktuator magnet tergelincir dan gagal. .
Tiga, keuntungan dari pompa magnet
Dibandingkan dengan pompa sentrifugal yang menggunakan sil mekanik atau segel pengepakan, pompa magnet memiliki keunggulan sebagai berikut.
1. Poros pompa berubah dari segel dinamis menjadi segel statis tertutup, benar-benar menghindari kebocoran media.
2. Tidak perlu air pelumasan dan pendingin independen, yang mengurangi konsumsi energi.
3. Dari transmisi kopling ke seret sinkron, tidak ada kontak dan gesekan. Ini memiliki konsumsi daya yang rendah, efisiensi tinggi, dan memiliki efek redaman dan pengurangan getaran, yang mengurangi dampak getaran motor pada pompa magnet dan dampak pada motor saat pompa terjadi getaran kavitasi.
4. Saat kelebihan beban, rotor magnet dalam dan luar tergelincir secara relatif, yang melindungi motor dan pompa.
Empat, tindakan pencegahan operasi
1. Mencegah partikel masuk
(1) Kotoran dan partikel feromagnetik tidak diperbolehkan memasuki penggerak pompa magnet dan bantalan gesekan.
(2) Setelah mengangkut media yang mudah mengkristal atau mengendap, bilas tepat waktu (tuangkan air bersih ke dalam rongga pompa setelah mematikan pompa, dan tiriskan setelah 1 menit operasi) untuk memastikan masa pakai bantalan geser .
(3) Saat mengangkut media yang mengandung partikel padat, itu harus disaring di saluran masuk pipa aliran pompa.
2. Mencegah demagnetisasi
(1) Torsi pompa magnet tidak dapat dirancang terlalu kecil.
(2) Ini harus dioperasikan di bawah kondisi suhu yang ditentukan, dan suhu sedang dilarang keras melebihi standar. Sensor suhu resistansi platina dapat dipasang di permukaan luar selongsong isolasi pompa magnet untuk mendeteksi kenaikan suhu di area annulus, sehingga dapat alarm atau mati ketika suhu melebihi batas.
3. Cegah gesekan kering
(1) Pemalasan dilarang keras.
(2) Dilarang keras mengevakuasi medium.
(3) Dengan katup keluar tertutup, pompa tidak boleh bekerja terus menerus selama lebih dari 2 menit untuk mencegah aktuator magnetis dari panas berlebih dan gagal.